Jumat, 15 November 2013

antropologi

. Hubungan Antara Ilmu Geologi dan antropologi
Ilmu Geologi mempelajari ciri lapisan bumi beserta perubahannya. Ilmu tersebut sangat dibutuhkan oleh sub-ilmu peleoantropologi dan prehistori untuk menentukan umur relatif fosil-fosil zaman dahulu beserta artefaknya.
II. Hubungan Antara Ilmu paleontologi dan antropologi
Ilmu paleontologi yang meneliti fosil makhluk purbakala sangat berkaitan erat dengan sub-ilmu paleoantropologi dan prehistori untuk membuat rekontruksi tentang proses evolusi makhluk purbakala.
III. Hubungan antara Ilmu anatomi dan antropologi
Ilmu antropologi sangat membutuhkan ilmu anatomi yang mempelajarii ciri-ciri dari kerangka manusia sebagai objek penelitian yang sangat penting bagi seorang antropologi fisik untuk mendapat pengertian tentang asal mula manusia beserta penyebarannya.
IV. Hubungan antara Ilmu Linguistik dan Antropologi
Ilmu linguistik yaitu Suatu ilmu yang bertujuan untuk mengembangkan beberapa konsep dan metode agar dapat mengupas berbagai macam bahasa dari daerah manapun. Hubungan antara Ilmu linguistik dengan antropologi yaitu, apabila seorang peneliti mengetahui ilmu bahasa maka dia akan dapat menguasai suatu alat yang digunakan untuk menganalisa dan mempelajari bahasa daerah.
V. Hubungan antara Ilmu Arkeologi dan Antopologi
Hubungan antara kedua ilmu tersebut yaitu ilmu antropologi dapat menambah bahan dari zaman yang jauh lebih tua. Selain itu, antropologi juga dapat memberikan keterangan tentang kebudayaan suatu bangsa yang tidak dapat diperoleh dari ilmu arkeologi. Hal ini dikarenakan ilmu arkeologi hanya meneliti kebudayaan kuno dari lapisan sosial di istana raja-raja, sedangkan antropologi dapat memberikan pengetahuan tentang kebudayaan masyarakat pada umumnya, bahkan rakyat jelata yang tinggal di desa-desa sekalipun.
VI. Hubungan antara Ilmu sejarah dan antropologi
Hubungan kedua ilmu tersebut yaitu, antropologi membutuhkan sejarah, terutama sejarah suku-suku bangsa yang ditelitinya. Hal ini dikarenakan sejarah diperlukan untuk memecahkan persoalan yang terjadi dalam masyarakat yang sedang ditelitinya.
VII. Hubungan antara Ilmu Geografi dan Antropologi.
Suatu ilmu Geografi yang mempelajari tentang alam dunia ini beserta isinya sangat membutuhkan antropologi. Hal ini disebabkan karena, geografi juga sama-sama meneliti manusia. Aakan tetapi antropologi adalah satu-satunya ilmu yang mampu mempelajari tentang keanekaragaman manusia, sehingga Ilmu geografi tidak dapat mengabaikan ilmu antropologi.
VIII. Hubungan antara Ilmu ekonomi dan Antropologi.
Hubungan kedua ilmu tersebut yaitu seorang ahli ekonomi tidak mampu menerapkan konsep-konsep serta teorinya tentang proses dan hukum – hukum ekonomi didalam suatu masyarakat, apabila ahli ekonomi tersebut tidak memiliki pengetahuan tentang sistem kemasyarakatan, cara berpikir dan sikap hidup dari warga masyarakat. Oleh karena itu, ilmu ekonomi sangat membutuhkan antropologi untuk mempelajari suatu masyarakat.
IX. Hubungan antara Ilmu Hukum Adat Indonesia dan Antropologi.
Ilmu hukum adat sangat membutuhkan ilmu antropologi untuk menyelami latar belakang kehidupan hukum adat di berbagai daerah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar